Pages

Jumat, 15 April 2011

Mengapung Tenggelam


setiap saat dan setiap waktu kita bisa saja melakukan eksperimen dan kapan saja kitapun bisa menemukan ilmu baru dari kegiatan tersebut, seperti kegiatan yang ku buat siang ini bersama anak-anak didik ku. kalau harus selalu di dalam kelas dengan melihat gambar dan pajangan yang itu-itu saja akan menjadi kurang menarik, karna itu agar agak berbeda kali ini aku ajak mereka jalan-jalan keliling sekolah sebelum masuk kelas. melihat hasil biji jagung yang mereka tancapkan beberapa waktu lalu yang kini sudah menjadi tanaman, wah senengnya, sambil mengintip binatang-binatang kecil di pekarangan, tampaknya mereka suka. ada tokek di sela-sela dinding, ada bekicot, ada capung bahkan ada juga yang sempat ngelihat buah mangga dari halaman tetangga yang nyelonong masuk di pekarangan sekolah ku,, aha hihi... terlintas keinginan buat rujak ma anak-anak, uhuiy,,, hehehe... 
mengintip pada program pembelajaran ada satu indikator yang sudah beberapa kegiatan ku pakai, tapi ternyata masih juga bisa di aplikasikan pada kegiatan-kegiatan lain. yeah.. mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika : benda-benda di masukan kedalam air” begitulah bunyinya. 
kalau minggu lalu dengan indikator tersebut aku dan anak-anak bereksperimen dengan tepung dan pewarna yang di masukan kedalam air maka kali ini adalah mainan dan garam yang di masukan kedalam air. kiat menyebutnya dengan “permainan mengapung dan tenggelam”  

hal yang perlu di siapkan untuk permainan ini adalah ember / bak kecil, air, garam, berbagai objek yang bisa tenggelam / mengapung. sementara langkah-langkah permainan adalah :
-       air di tuangkan kedalam ember atau bak kecil
-       anak secara bergantian meletakan mainan kedalam air.
-       kemudian guru memasukan secangkir garam ke dalam air
-       anak-anak di minta lagi untuk memasukan  mainan kedalam air
-       setelah semua objek dimasukan guru memasukan lagi secangkir garam
-       anak-anak di minta memasukan lagi mainan kedalam air

selain indikator tersebut di atas dapat juga di masukkan indikator “Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll” karna setelah kita bereksperimen kita bisa berdiskusi dengan anak tentang benda-benda yang dapat tenggelam atau mengapung di air.
 kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan  salah satu konsep sains yang penting yaitu bahwa air yang mengandung garam akan lebuh rapat dan bisa menahan berat lebih besar. dan kitapun bisa bercerita tentang keadaan air laut yang asin, jadi makin luaslah pembahasan, dan anak-anakpun jadi bersemangat bercerita tentang pengalaman mereka di laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar