Pages

Selasa, 12 April 2011

Membuat Sate Geometri


Menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak adalah tugas utama seorang pendidik, karna dengan suasana yang menyenangkan anak bisa lebih mudah menerima apa yang kita sampaikan dan mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari. Saat saya memilah dan memilih indikator untuk di masukan dalam kegiatan belajar mengajar yang akan saya aplikasikan pada anak, saat itu pula saya mencoba memikirkan kegiatan apa yang bisa saya gunakan agar bisa match dan tidak salah sasaran. hingga suatu ketika saya menemukan ide untuk membuat “SATE GEOMETRI” sebagai salah satu kegiatan untuk anak dapat lebih mudah mengenal bentuk-bentuk geometri.

Indikator Yang Bisa Tercapai dari permainan ini antara lain :
  1. menyebut dan menunjukan bentuk-bentuk geometri.
  2. memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan 
  3. mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika : warna di campur, benda-benda di masukan kedalam air.
  4. Membilang dan menunjuk benda sampai 5 
Bahan-bahan dan alat yang diperlukan adalah :

Pemes, pelepah pisang, tusuk sate, air, tepung, pewarna




Bentuk Kegiatan
  1. Anak-anak menyebutkan bentuk-bentuk geometri dan di arahkan untuk membuat bentuk geometri berukuran kecil dari pelepah pisang
  2. pelepah pisang yang telah berbentuk geometri di tusuk dalam tusuk sate dengan pola-pola yang di tentukan guru
  3. murid membuat bumbu sate, dari air yang di campur dengan tepung dan di beri pewarna. 
  4. guru melakukan evaluasi kegiatan dengan siswa dan siswa menceritakan pengalaman membuat sate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar